LAMPIRAN 1 RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah
:
SD IT HARAPAN MULIA
Mata Pelajaran
:
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kelas/ Semester
:
V/1
Materi Pokok
:
ASMAUL HUSNA (AR RAHMAN-AR RAHIM)
Alokasi Waktu
Ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan
jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang
harus dicapai
:
1 X 35 Menit
A.    Kompetensi Inti
KI-1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI-2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin tanggung jawab, santun,peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI-3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan disekolah.
KI-4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yag mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Ket. : KD pada KI-1                     Ket. : 
          KD pada KI-2               
          KD pada KI-3                                                Indikator KD pada KI-3
          KD pada KI-4                                                Indikator KD pada KI-4
 No

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR PENCAPAIAN  KOMPETENSI
1
3.1 Melafalkan asmaul husna ar Rahman dan ar Rahim
3.1.1 Melafalkan ar Rahman
3.1.2 Melafalkan ar Rahim
3.1.3 Mengartikan ar Rahman
3.1.4 Mengartikan ar Rahim

C.      Tujuan Pembelajaran
Dirumuskan berdasarkan KD, dengan
menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan
diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan

Pertemuan ke-1
Setelah mengikuti proses pembelajaran peserta didik diharapkan mampu :
1.    Melafalkan ar-Rahman dengan baik dan benar.
2.    Melafalkan ar-Rahim dengan baik dan benar.
3.    Mengartikan ar-Rahman dengan baik dan benar
4.    Mengartikan ar-Rahim dengan baik dan benar

D.      Materi Pembelajaran
(Memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan
rumusan indikator ketercapaian kompetensi)
Ar Rahman dan ar Rahim termasuk dua diantara 99 asmaul husna. Asmaul husna artinya nama-nama Allah yang baik. Ar Rahman berarti maha penyayang dan Ar Rahim artinya maha pengasih.
E.  Metode Pembelajaran
mewujudkansuasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai

Kooperatif : TPS (think, pair and share)

F.       Media Pembelajaran
Berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran
1. Non Elektronik ( Poster dan Al-qur’an, )
2. Elektronik ( Power Point dan Video)
3. ICT ( Blog dan Video Interaktif )
G.      Sumber Belajar
Berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan
Al-qur’an dan terjemahnya, Buku PAI dan Budi pekerti sd kelas V lingkungan sekitar.
H.      Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama :     JP
1
Kegiatan Pendahuluan
  1. Guru membuka pembelajaran dengan membaca basmalah dilanjutkan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh salah satu seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
  2. Guru memulai pembelajaran dengan membaca al-quran surah pendek pilihan dengan lancar dan benar (surah al-ikhlas).
  3. Guru mengarahkan kesiapan peserta didik dan kehadiran peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran.
  4. Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan tema kasih sayang dan subtema kasih sayang Allah.
  5. Guru menyampaikan kompetesi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
  6. Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menyimak, menanya, berdialog, mengkomunikasikan dengan menyampaikan, menanggapi dan membuat kesimpulan hasil pembelajaran.
2
Kegiatan Inti

> 
Mengamati
  • Peserta didik mengamati gambar tentang ciptaan Allah SWT melalui tayangan media ICT atau gambar.
  • Peserta didik menyimak audio kata Ar Rahman dan Ar Rahim.

> 
Menanya
  • Melalui motivasi dari guru, peserta didik mengajukan pertanyaan tentang kasih sayang Allah SWT.
  • Peserta didik mengajukan pertanyaan terkait kasih sayang Allah SWT

> 
Mencoba/Mengumpulkan Informasi
  • Peserta didik menceritakan kembali isi poster atau gambar tayangan tersebut
  • Secara berpasangan peserta didik meyebutkan asmaul husna Ar Rahman dan Ar rahim dengan artinya.
  • Secara berpasangan peserta didik mengemukakan bukti kasih sayang Allah pada makhluk hidup.

> 
Menalar/Menghubungkan/Mengasosiasi
1.         Peserta didik menghubungkan kasih sayang Allah dengan realitas kehidupan sehari-hari
2.         Peserta didik mengemukakan contoh kasih sayang Allah sesuai dengan realitas pengalaman kehidupan sehari-hari

> 
Mengkomunikasikan/Mendiskusikan
  1. Perwakilan Peserta didik mengemukakan pemahamannya tentang kasih sayang Allah sesuai dengan temanya dalam satu kelas
  2. Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing oleh guru
3
Kegiatan Penutup
  1. Guru melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertayaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
  2. Guru menyampaikan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik secara individu mapun kelompok bagi peserta didik yang menguasai materi
  3. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

I.         Penilaian Hasil Pembelajaran
Lembar Penilaian Diri Sikap Spiritual
Petunjuk :
1.      Bacalah pernyataan yang ada didalam kolom dengan peneliti
2.      Berilah tanda (v) sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari

Nama Peserta Didik : Etik Puspita
Kelas                         : V SD
Materi Pokok            : ASMAUL HUSNA
Tanggal                     : 29 Mei 2017

No
Pertanyaan
TP
KD
SR
SL
1
Saya bertambah yakin dengan kebenaran tuhan setelah mempelajari asmaul husna



V
2
Saya berdoa sebelum dan sesudah melakukan suatu kegiatan



V
3
Saya mengucapkan rasa syukur atas segala karunia tuhan sesuai dengan agama saya



V
4
Saya memberi salam sebelum dan sesudah mengungkapkan pendapat didepan umum sesuai dengan agama saya



V
5
Saya mengungkapkan keagungan Tuhan apabila melihat kebesarannya sesuai dengan agama saya



V

Jumlah



20

Ket: 
SL : Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
SR : Sering, apabila sering melakukan sesuai denga pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan.
KD : Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
TP : Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Petunjuk penyekoran :
4: Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 : Sering, apabila sering melakukan sesuai denga pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan.
2 : Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 : Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Peserta didik memperoleh nilai :
Baik sekali apabila memperoleh skor 16-20
Baik apabila memperoleh skor 11-15
Cukup apabila memperoleh skor 6-10
Kurang apabila memperoleh skor 1-5
LEMBAR PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(DARI GURU)
Materi Pokok       : ASMAUL HUSNA
Tanggal                : 29 Mei 2017
Petujuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kesantunan. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap santun yang ditampilkan peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4  : Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 : Sering, apabila sering melakukan sesuai denga pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan.
2 : Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 : Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan



No
Nama
Aspek yang diukur
skor
Kriteria
1
2
3
1
DINA
4
3
4
v
A
2
DINDA
3
2
4
v
A
3
DONI
3
3

v
B
4
DIAN
2

4
v
B
Keterangan : Hal yang dinilai
No
Aspek yang diukur
1
Kesungguhan peserta didik dalam memahami melafalkan Asmaul Husna
2
Kemauan peserta didik dalam memahami arti Asmaul Husna
3
Kemauan dan kesungguhan peserta didik dalam memahami kandungan asmaul husna

Kriteria :
A = Total skor 9-12
B = Total skor 6-8
C = Total skor 3-5
D = Total skor 0-2

LEMBAR PENILAIAN ANTAR TEMAN
Nama Peserta Didik : Etik Puspita
Kelas                         : V SD
Materi Pokok            : ASMAUL HUSNA
Tanggal                     : 29 Mei 2017

Nilailah setiap anggota dalam kelompokmu! Berilah nilai 4 sangat baik, 3 bila baik, 2 bila jelek, dan berilah nilai 1 bila sangat jelek! Selanjutnya jumlahkan hasil penilaianmu untuk memperoleh nilai masing-masing dalam kelompokmu.


No
Nama siswa
No presensi
Hal yang di nilai
Jumlah
1
2
3
4
5
1
Ziza
11
4
3
4
4
2
17
2
Ika
9
3
2
3
4
4
16
3
Esi
6
3
3
2
4
3
15
4
Meli
10
4
4
4
4
3
19

Keterangan : Hal yang dinilai
No
Hal yang dinilai
1
Mendengarkan pendapat teman lainnya
2
Mengajukan usul, atau memberikan pendapat
3
Menyelesaikan tugas dengan baik
4
Membantu teman lain yang membutuhkan
5
Selalu fokus saat mengerjakan tugas

Kriteria :
A = Total skor 16-20
B = Total skor 15-17
C = Total skor 9-16
D = Total skor 0-8


LEMBAR PENILAIAN DIRI SENDIRI
Nama Peserta Didik : Etik Puspita
Kelas                         : V SD
Materi Pokok            : ASMAUL HUSNA
Tanggal                     : 29 Mei 2017
NO
PERNYATAAN
1
2
3
4
SKOR
1
Kesungguhan peserta didik pada saat mengikuti pelajaran dikelas
4
3
4
4
15
2
Kemauan mendengarkan dengan penuh perhatian
4
2
2
4
12
3
Berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu
4
3
3
3
13
4
Percaya diri dalam menyampaikan pendapat didepan kelas
4
4
4
2
14
5
Berani berpendapat, bertanya atau menjawab pertanyaan
4
3
4
2
13
6
Jumlah
67
7
Kriteria


Keterangan Nilai :
Selalu = 4
Sering = 3
Jarang = 2
Tidak pernah = 1


Kriteria :
A = Total skor 16-20
B = Total skor 11-15
C = Total skor 6-10
D = Total skor 0-5

INTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN
-       Tes Tertulis (PG, Mj, Essay, Uraian)
-       Tes Lisan
-       Penugasan

INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
-       Praktik/Kinerja/Unjuk Kerja (Rubrik)
-       Project (Rubrik)
-       Product (Rubrik)
-       Portopolio (Rubrik)

....................,............................

Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran

Kepala .....................,






Nip.
Nip.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

makalah asmaul husna (ar rahman dan ar rahi